Tips Sembuh Covid-19

Pengalaman Terpapar COVID Ke-2 Kali


cr: google image

Hai Bestie, gimana nih kabar kalian? Aku harap kalian sehat sehat selalu ya. Kata orang bulan Februari ini adalah bulan gregesi (gregesi dalam bahasa indonesia artinya kurang enak badan). Sebagian warga Indonesia mengalami sakit dengan keluhan yang rata-rata hampir sama, yaitu: batuk, pilek, flu, tulang ngilu, badan menggigil dan ada juga yang disertai demam. Orang-orang menjadi parno karna batuk dikit langsung dicurigai terpapar covid hehehe. Tapi besti, bulan ini memang kasus covid di Indonesia sedang meningkat karena adanya varian omicron yang penyebarannya cepat, walaupun menurut ahli kesehatan, efek yang timbul dari varian ini tidak seberat varian Delta. Nah ngomong-ngomong soal covid, aku adalah alumni covid varian delta bestie. Aku terpapar pertama kali pada bulan Juli, saat aku positif covid yang pertama, gejala yang aku rasain itu agak sedikit berat bes. Badan aku waktu itu rasanya lemes, pusing, batuk, hilang indera pengecap dan penciuman terus rasanya capek banget buat jalan, nafas itu kayak yang pendek banget. Saat itu ak butuh waktu hampir 2 minggu untuk pemulihan, tapi puji Tuhan besti aku bisa survive saat itu dan kembali sehat. O iya saat kena yang pertama kali aku sama sekali belum vaksin kalau gak salah. 

Lanjut ya bestieee, setelah kena pertama kali aku harus menunggu 3 bulan dulu untuk vaksin yang pertama. Vaksin pertamaku itu di Puskesmas Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung dan aku dapet vaksin Sinovac pada saat itu. Setelah vaksin pertama, nunggu 1 bulan kalau gak salah baru lanjut vaksin ke 2, Sinovac juga. Nah saat vaksin baik yang pertama atau yang kedua, aku ngga ngrasain efek apa-apa. Kalau kalian sehabis vaksin ada efek tertentu gak? Soalnya banyak dari keluarga atau temenku yang ngrasain efeknya tapi kebanyakan yang vaksinnya AstraZeneca. Singkat cerita setelah vaksin ke 2 sampai awal bulan Februari kesehatanku baik baik aja besti, puji Tuhan ngga pernah sakit. Sampai pada akhirnya tanggal 16 Februari 2022 aku dinyatakan positif covid lagi dan untuk covid yang ke 2 ini gejala yang aku rasain itu sakit tenggorokan, tulang ngilu dan batuk tapi gejala-gejala ini tu puji Tuhan nggak separah yang pertama besti. Kurang lebih ada 3 hari aku ngrasain gejala-gejala itu terus semakin hari puji Tuhan kondisiku semakin baik. 

Tips Sembuh Covid Dari Aku

Nah aku mau berbagi tips nih untuk kalian ketika kena covid yang ke-2 yang aku lakuin biar cepet sehat apa aja. Ini tips bisa kalian coba lakuin atau bisa juga ngga kalian lakuin yang bestie, karna penyembuhan tiap orang pasti beda-beda. Tapi nggak ada salahnya juga kalian coba! :D Yuk intip tipsnya apa aja:

1. Istirahat yang cukup

cr: google image

Tidur yang cukup 8 jam perhari akan membantu pemulihan tubuhmu yang sedang sakit. Jadi usahakan untuk tidur yang cukup ya bestie, serta pastikan tidurmu adalah tidur yang berkualitas sehingga badanmu benar-benar bisa beristirahat. Usahakan juga sebelum tidur jangan main gadget supaya tubuhmu benar-benar istirahat ya!


2. Minum Air Putih yang cukup

cr: google image

Sesuai dengan anjuran minumlah air putih 8 gelas per hari atau sekitar 230 ml atau 2 liter. Air putih mempunyai peran yang sangat penting didalam tubuh manusia salah satunya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan ketika kamu sakit. Setiap sel dalam tubuh kita terdiri dari air. Sel tubuh kita akan bekerja keras melawan virus atau bakteri ketika kita sedang sakit. Dengan konsumsi air putih yang cukup maka proses melawan virus atau bakteri akan lebih mudah karena sel tubuh mendapatkan asupan air yang banyak. So buat bestie yang lagi sakit, jangan lupa minum air putih yang cukup ya!

3. Olahraga Ringan

cr: google image

Jika kondisi fisikmu ketika terpapar covid memungkinkan untuk melakukan olahraga, maka kamu bisa memulai olahraga dengan gerakan-gerakan ringan. Contoh gerakan ringan yang aku lakukan pada saat terpapar covid adalah jalan ditempat sambil berjemur. Kamu juga bisa mencoba referensi olahraga ringan yang berfokus pada pernafasan seperti jalan kaki, yoga, naik turun tangga atau senam. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru. Sehingga kamu bisa mempunyai kekuatan yang lebih untuk kembali beraktivitas seperti sedia kala. Di samping itu, olahraga ringan juga bisa membuatmu senang dan mengurangi stres. Tapi jangan lupa, lakukan olahraga dengan tetap mengikuti aturan karantina dari pemerintah ya bestie

4. Penuhi Asupan Vitamin

Selanjutnya penuhi asupan tubuhmu dengan vitamin dari buah dan sayur. Waktu terpapar covid aku lebih memilih vitamin alami dari buah misalnya vitamin C dari buah jeruk, strawberry, pisang dan lain sebagainya. Vitamin kaya akan manfaat yang baik untuk tubuhmu, terlebih saat sakit vitamin akan membantu penyembuhan tubuhmu dalam melawan virus atau bakteri. Jangan lupa makan buah dan sayur ya bestie!


5. Minum Obat yang diperlukan

Terakhir, aku mau kasih rekomendasi obat herbal buat kalian, kalau saat kena covid ada gejala batuk batuk. Obat herbal ini adalah obat batuk yang aku minum ketika aku terkena covid. Obat ini bisa kalian jadikan referensi obat yang bisa kalian minum kalau lagi batuk nggak cuman pas lagi kena covid aja. Karena terbuat dari bahan alami tentunya obat ini aman bestie, cara minumnya gampang banget. Tinggal kita tuang aja di sendok dan minum pelan-pelan atau bisa juga dilarutkan di air hangat. Diminum 3x sehari, kalau aku selalu minum setelah makan dan rutin. Untuk rasanya enak, terus untuk obatnya sendiri nggak yang kental banget gitu. Manfaat lain dari obat ini bisa memelihara kesehatan paru paru dan melegakan tenggorokan juga. Pokoknya recommended banget buat kalian yang lagi cari obat batuk yang aman dan tanpa efek samping karna terbuat dari bahan herbal.


Okayy bestieeee, demikian beberapa saran dan tips dari aku buat kalian yang lagi kena covid. Tetap semangat dan jangan lupa senyum. Karna hati yang gembira adalah obat, semoga dimanapun kalian, kalian tetap sehat sehat terus ya! Bye, sampai ketemu di tulisan aku selanjutnya :)



Komentar